Satpol PP dan Satlinmas, Optimalkan Pemilu 2019

Yogyakarta (13/03/2019)  – Optimalisasi Satpol PP dan Satlinmas dalam menyukseskan pemilu serentak 2019 menjadi tema yang diangkat pada Sarasehan dalam rangka HUT Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) yang ke-69 serta HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57. Dipimpin oleh Kepala Satpol PP DIY Drs Noviar Rahmad M. Si., acara dihadiri pula oleh  Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si,  Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto, serta  Kabag Ops Ditbinmas Polda DIY AKBP Surya Tama. Sarasehan tersebut berlangsung di Gedung Unit VIII, Komplek Kepatihan, DIY.

“Dalam rangka Peningkatan kinerja,  kemampuan dari Satpol PP sangat mutlak diperlukan, terutama  dalam melaksanakan tugas dilapangan, meliputi peningkatan kedekatan dengan masyarakat, peningkatan SDM, kemampuan berkomunikasi, kemampuan dalam memahami tugas, serta kemampuan memahami peraturan daerah yang ditegakkan, itu menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi.” Ujar Noviar.

Pada perayaan HUT Satpol PP kali ini dirasa lebih istimewa, dikarenakan bertepatan dengan tahun  pelaksanaan Pemilu serentak yg akan dilaksanakan pada bulan  April 2019,  dan  peran Satpol PP serta Satlinmas dalam mengawal Pemilu serentak ini membutuhkan personil Satlinmas sebanyak 30.856 orang, Untuk memenuhi 11.780 TPS yang terdapat di DIY. Peran Satlinmas dan Satpol PP akan sangat membantu KPU dan bawaslu terutama dalam hal penertiban atribut kampanye yang tidak sesuai peraturan.

“Saya ingin mensitir  beberapa hal dari Menteri Dalam Negeri RI, yang disampaikan dalam pengarahan Satpol PP Nasional beberapa waktu yang lalu. Kepada Sat Pol PP dan Satlinmas diminta untuk mendukung pelaksanaan pemilu 2019, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanakan pemilu, dengan tetap menjaga netralitas”

Dalam sambutannya, Tavip pun berpesan dalam tahun politik ini, Sat Pol PP dan satlinmas memiliki peran penting dalam mewujudkan stabilitas  DIY,  dan bersinergi untuk memerangi tingginya tingkat potensi  kerawanan. Satpol PP pun diharapkan dapat berkolaborasi dan berkoordinasi pada wilayah tugas masing-masing, baik wilayah, kabupaten maupun provinsi.

” Yang pertama, SatPol PP dan Satlinmas diminta bersinergi dengan pemangku kepentingan yang lain, baik itu dengan KPU, Bawaslu maupun dengan kepolisian. Yang kedua, mendorong tingkat partisipasi masyarakat, khususnya untuk mahasiswa di DIY yang merupakan pendatang. Yang ketiga, Karna Pol PP ini merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara) maka bapak-ibu harus bersikap netral, tidak berpihak jangan sampai berkonotasi menyampaikan keberpihakan kepada salah satu calon yang ada,” jelasnya.

Tidak hanya Sarasehan, acara HUT Satpol PP dan Satlinmas ini akan dilanjutkan dengan pembagian nasi kotak kepada 100 tukang becak di Area Malioboro pada pukul 14.00 di Pintu Barat Kepatihan. Kemudian akan dilaksanakan pula Upacara pada Kamis, 14 Maret 2018 di Lapangan Trirenggo, Bantul Sabagai Puncak Acara.  (*/da)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *