DPRD DIY KUNJUNGI SATPOPP DIY

SATPOLPP DIY ( 29-04-2020) satpolpp.jogjaprov.go.id.
Kunjungan DPRD DIY ke Satuan Polisi Pamong Praja DIY pada hari Rabu (29/04).dengan ketua rombongan adalah ketua Komisi A .

Ketua Komisi A DPRD DIY sangat apresiasi dengan tugas yang dilaksanakan satuan polisi pamong praja yang melibatkan satlinmas juga satlinmas rescue istimewa Yogyakarta.

Tugas satlinmas dapat membantu deteksi dini dalam pencegahan penyebaran covid 19 ini.dalam rangka edukasi warga.masyarakat sekitar .kata ketua komisi A

Lebih lanjut Kasat Pol DIY Drs Noviar Rahmad M,Si.menjelaskan bahwa semenjak covid 19. Menyebar Satuan pilisi pamong praja telah melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat untuk sama sama mencegah penyebaran covid 19.

Setelah ada perubahan SK tentang penanganan Pencegahan covid 19 satpol PP mempunyai tugas tim gugus pengamanan dan penegakan hukum dengan anggotanya terdiri dari Dit samapta Polda DIY, Korem, Brimod Polda DIY.Denopom KOREM 072/PMK .Pomal Angkatan laut.

Kegiatan dilapangan menjaga perbatasan, pembubaran massa. Pengukuhan dan tindaklanjut aduan yang masuk hotline Satpol PP DIY.dalan tindak lanjut juga melibatkan Satpol PP kabupaten,/ kota se DIY.

Himbauan selain untuk pencegahan covid juga apabila akan membagi sembako lebih baik disalurkan melalui yaysasan atau tempat tempat yang sudah legal dalam penyaluran baksos.

Disamping itu tugas satpol PP DIY saat ini juga mendata penduduk yang mudik dan penduduk musiman seperti pengemis dadakan seperti saat ini “jelas Kasat,’

Tanggapan dari DPRD DIY ketika menangani kasus masalah physical distamcing jika tidak ada aturan yg mempunyai Dasar hukum yg kuat tidak hanya sebagai himbauan tetapi perlu payung hukum bg petugas bisa dapat bertindak tegas .agar covid segera selesai.

Dengan pedekatan kulturan sangat penting agar warga masyarakat dapat dipatuhi oleh warga masyarakat.

Tanggapan berikutnya masih DPRD .sangat apresiasi bahwa sebelum PSBB sudah ada tindakan dari satpol PP untuk mencegah penyebaran covid .Tindakan tegas sangat penting dengan ekseb yang nyata dan tegas.

Tambahan masukan dari DPRD bahwa saat memang muncul kejenuhan sty at home.maka yang nongkrong akan dapat tindakan dari tim gabungan gugus pengaman dan penegakan hukum.

Ada juga pandangan yang berbeda tentang sholat berjamaah di masjid, gugus tugas satpol PP sudah jelss.

Masukan juga masyarakat dipasar memang masih banyak yang tidak memakai masker .untuk sholat taraweh kebanyakan mushola.Untuk masjid patok negoro Sultan sudah memberi himbauan agar tetap sholat dirumah .namun masjid patoknegoro yang di Ploso kuning dapat tanggapi.Namun Tokoh warga masyarakat untuk sholat berjamaah tetap melaksanakan.

Jika edukasi ke masjid tidak melarang orang sholat tetapi untuk jaga jarak dimassa pandemi covid .

Tindaklanjut mengenai masjid yang masih sholat jamaah dalam penyelesai memberi edukasi akan kerjasama Kesbangpol .FKUB dan kantor kementerian agama.

Untuk pengemis harus ada tindakan tegas dengan cara humanis dengan koordinasi dinsos dan daerah asalnya .

Misi kemanusian juga sangat penting namun isi kesehatan personil juga harus mendapat perhatian pula,karena petugas satpol PP sangat menanggung risiko besar masyarakat yang dihadapi belum tentu sehat, bisa juga penderita covid yang dapat menular pada petugas.tetap semangat SALAM SEHAT SELALU.(skm,).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *