Jangan terlena covid masih perlu pencegahan

SATPOL PP DIY ( 28-05-2020) satpolpp.jogjaprov.go.id.
Walaupun saat ini pasien positip tidak meningkat yang terpapar covid namun petugas harus tetap menghimbau masyarakat untuk tetap jaga kesehatan dan mengikuti anjuran protokol kesehatan .hal tersebut dilaksanakan dalam tugas Kegiatan operasi wastibum Rabu malam ( 27/05) pkl 19.30 s/d selesai.

*APP* oleh AKBP drh.TRI RINA N.,S.I.P.,M.IP (KASUBDIT VIP DITPAMOBVIT POLDA DIY). Arahan sbb :
~ Bahwa selama 2 hari DIY tdk ada penambahan pasien positif, kemudian hari ini ada penambahan 2 pasien positif. Walaupun ada tren menurun, sebagai petugas kita tidak boleh terlena. Kita tetap hrss memberikan edukasi kepada masyarakat. Beberapa pakar memberikan analisis bahwa dimungkinkan setelah mudik terjadi gelombang kedua covid19 ini. Berkaca pd sejarah tahun 1918 dimana masyarakat terlena dan kemudian menganggap virus sudah mati, maka kemudian seolah2 masyarakat terlepas dr protokol kesehatan, dan terjadilah gelombang kedua yang lebih parah. Kita tdk menginginkan itu terjadi. Sehingga wajib hukumnya utk tetap memberikan edukasi kepada masyarakat.
~ Sebagaimana digaungkan New Normal Life adalah tata kehidupan kita yang baru. Kita harus menyesuaikan diri dengan keadaan tetapi tetap harus memperhatikan protokol pencegahan penyebaran covid19.
~ terdapat 13 poin protokol kesehatan bagi petugas di lapangan yang tertuang dalam _Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/334/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 bagi Aparat yang Melaksanakan Tugas Pengamanan dan Penertiban dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19_

*PETUGAS :*
– Satpol PP DIY Regu E
– Ditsamapta POLDA DIY
– Brimob POLDA DIY
– Denpom IV/2
– Korem 072 PMK Yka

*RUTE :*
Mako Satpol PP DIY – Jl Janti – Jl Laksda Adisucipto – Demangan – Jl Cendrawasih ke timur – jl Demangan Baru ke utara – Jl Mrican Baru – Jl Mosez Gatotkaca – Jl Gejayan – pertigaan Colombo ke barat – bundaran UGM ke barat – Perempatan Mirota Kampus ke selatan – Terban – Jl Jendral Sudirman – Tugu Ke selatan – Jl Mangkubumi – Kleringan – Malioboro – Alun2 Utara – Jl Sultan Agung – Mako Satpol PP DIY.

*HASIL :*
*√ Jl Laksda Adisucipto*
Memberikan himbauan melalui pengeras suara, yaitu terkait penerapan protokol pencegahan penyebaran covid19 di masyarakat, termasuk tdk berkerumun, physical distancing dan memakai masker.

*Demangan*
Waroeng Steak Jl Cendrawasih*
Belum menerapkan physical distancing, meja dan kursi msh terlalu banyak dan tidak diberi jarak. Buka s/d pkl 21.00 WIB.

. Nimco distro Jl Cendrawasih*
Sudah ada himbauan protokol pencegahan penyebaran covid19 tetapi masih ada beberapa pengunjung maupun pegawai tdk memakai masker.

Tilasawa Kafe Jl Mrican Baru*
Kondisi sangat ramai, kurleb 40org, tanpa Physical Distancing, pembeli maupun karyawan banyak yang tidak memakai masker. Meja dan kursi masih terlalu banyak dan berdekatan.
*Tindakan petugas di ketiga tempat tersebut :*
– memberikan himbauan sekaligus teguran tertulis kepada penanggungjawab usaha untuk secara ketat menerapkan protokol pencegahan penyebaran covid19.
– memastikan bahwa pembeli yg tanpa masker agar tdk dilayani
– mengatur dan mengurangi sediaan meja dan kursi hingga 50%

*√ Jl Colombo*
Indomaret Point dan Tamara Mart yg sebelumnya diberikan teguran petugas krn tidak mematuhi jam operasional yg ditentukan pemkab Sleman saat ini sudah menaati jam operasional toko.

*Jl Jendral Sudirman*
Portal Warga Jogoyudan*
Kondisi : warga yg jaga portal tdk memperhatikan physical distancing dan tdk memakai masker.

. RM. Duta Minang*
Karyawan tdk memakai masker. Sedang tidak ada pembeli dtg. Pengaturan sediaan kursi masih yerlalu dekat.
*3. kedai Kopi Gondolayu*
Karyawan dan pembeli tdk memakai masker. Msh terlalu berkerumun tanpa Physical Distancing.
*Tindakan :*
– memberikan teguran ketiga tempat tersebut, karena sebelumnya petugas sdh mengedukasi terkait protokol pencegahan penyebaran covid19, termasuk penerapan physical distancing dan pemakaian masker.
– Meminta yang tdk memakai masker utk memakai masker. Yang alasan lupa tdk bawa masker diminta utk segra pulang k rumah dan mengingatkan ke depan wajib memakai masker.
– melakukan pengecekan suhu tubuh, tidak ditemukan suhu tubuh diatas normal.

*√ Jl P Mangkubumi*
Angkringan depan Bank Muamalat*
Tidak banyak yang nongkrong, hanya ada pembeli yg datang dan pergi. Pedagang tidak menyediakan banyak tikar seperti sebelumnya. Ada beberapa pembeli tdk memakai masker.

. Angkringan depan KR*
Banyak yang nongkrong dan tdk memakai masker. Masih ada beberapa tikar tersedia untuk pembeli, tetapi tdk terisi.

Kopi Joss Lek Man dan Kopi Joss Pak No*
Terdapat beberapa pembeli tdk memakai masker. Penjual masih menyediakan tikar sampai ke seberang jalan.
*Tindakan :*
– meminta kpd yg sudah selesai makan utk segera pulang ke rumah dan tidak nongkrong2.
– menegur penanggung jawab untuk tidak menyediakan tikar krn akan mengundang kerumunan
– menegur penanggung jawab untuk mematuhi protokol pencegahan penyebaran covid19, termasuk physical distancing dan pemakaian masker
– menegur penjual utk tdk Melayani pembeli yg tdk memakai masker.
– melakukan pengecekan suhu tubuh, tdk ada yang suhunya duatas normal.

*√ Malioboro, depan Malioboro Mall*
Kondisi cukup ramai, ada beberapa kelompok orang nongkrong. Didapati orang dr Solo Nongkrong tanpa tujuan dan berencana tidur di depan Malioboro Mall.
*Tindakan :*
– Meminta kepada yg sdh tdk berkepentingan utk segera pulang, mengurangi aktivitas berkerumun, menerapkan physical distancing dan memakai masker.
– mengedukasi pentingnya PHBS.
– melakukan pengecekan suhu, tdk ditemukan org dg suhu tubuh diatas normal.

*√ Alun2 Utara*
Kondisi sangat ramai, banyak yg sekedar nongkrong. Masih banyak yg tdk memakai masker. Tdk memperhatikan physical distancing.
*Tindakan :*
– meminta yg sdh tdk berkepentingan utk segera pulang k rumah masing2.
– mengedukasi pentingnya menahan diri utk tdk nongkrong atau berkerumun, menerapkan physical distancing dan memakai masker.
– meminta kpd penanggung jawab utk mengurangi sediaan kursi dan mengatur agar tercipta physical distancing.

melakukan pengecekan suhu, ditemukan 2 org dg suhu tubuh tinggi, yaitu :

Akasa Surya, L, 20 th, alamat Jl Amat Jazuli, Kotabaru, Gondokusuman Yogyakarta. Suhu tubuh 37,5

Ranggayudha G Wardhana, L, 21 tu, Jl Wora Wari Baciro Gondokusuman Yogyakarta. Suhu tubuh 37,9.
– meminta mereka untuk segera pulang kmd utk kasus no 2 diminta utk segera memeriksakan diri ke faskes terdekat

*√ Angkringan Bintaran, timur apotek Sutji*
Kondisi sangat ramai, tdk memperhatikan physical distancing dan banyak yang tdk memakai masker.
*Tindakan :*
– meminta yg tdk memakai masker utk memakai. Dan yg sdh selesai makan untuk pulang. Kmd ke depan untuk mengurangi aktivitas nongkrong.
– menegur pemilik untuk mengurangi sediaan tikar, menerapkan physical distancing dan utk tdk Melayani pembeli yg tdk memakai masker

*EVALUASI :*
Pada titik2 yg sebelumnya belum pernah dijangkau petugas terdapat banyak kerumunan massa. Kmd di daerah Demangan banyak Kafe2 yg rata2 ramai dan petugas jarang menyambangi krn letaknya tdk dijalan utama. Diharapkan ke depan dpt dijadikan strong point dlm patroli selanjutnya (skm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *