Pendisiplinan masyarakat di pasar Demangan

SATPOLPPDIY (29-06-2020) satpolpp.jogjaprov.go.id

kegiatan *Pendisiplinan dalam menghadapi New Normal* di wilayah DIY. Hari : Senin
Tanggal: 29 Juni 2020
Shift : Pagi
Jam : 06.00 s/d 10.00 WIB
Lokasi : Pasar Demangan

*PERSONEL :*
1. Sumantri (Satpol PP DIY)
2. Endang Luki (Satpol PP DIY)
3. Nugroho (Ditsamapta Polda DIY)
4. Aiptu Heru Kiswanto (Ditpamobvit Polda DIY)

*APP* Edhy Hartana, S.Pd ( Kasi Dalops Satpol PP DIY

*Hasil kegiatan adl sbb :*

1. *Lokasi :* Pasar Demangan Yogyakarta

2. *Ketersediaan tempat cuci tangan :* ada, di 4 titik yaitu 2 di pintu masuk utama pasar dan di bagian depan-selatan pasar dan 2 di bagian belakang (berupa wastafel).

3. *Ketersediaan alat pengukur suhu tubuh :* tidak ada

4. *Pengaturan jarak :*
Pada pedagang yg berada di dalam pasar sudah ada pengaturan jarak berupa lapak/kios resmi. Sedangkan yg diluar lapak/kios resmi, baik di bagian depan pasar ataupun melebar hingga trotoar ke utara, dan tdk ada pengaturan jarak.
Untuk pengunjung, apabila kondisi pasar ramai (kurleb pkl 06.00-09.00) sangat sulit menjaga jarak satu dg lainnya.

5. *Jumlah Masyarakat yg tdk memakai masker*
– pedagang sebagian besar sudah memakai masker, hanya saja terkadang masker masih belum dipakai dengan benar sehingga petugas harus berkali2 mengingatkan dan memberikan pemahaman pentingnya memakai masker.
– kurleb 18 pengunjung sama sekali tdk memakai masker. Semuanya adalah pengunjung pasar. Petugas menolak org tersebut masuk pasar dan diharuskan memakai masker dulu baru boleh memasuki wilayah pasar Demangan. Hal tersebut juga sejalan dg kebijakan Lurah Pasar Demangan yg tidak memperbolehkan pengunjung tanpa masker masuk ke area Pasar Demangan.
Petugas juga membagikaan masker kpd 12 org pengunjung yg benar2 membutuhkan seperti anak kecil dan orang tua.

6. *Jumlah Kerumunan (4 org/lebih)*
– kerumunan paling padat terjadi di trotoar sisi utara-timur pasar (2 titik). Kemudian di bagian depan pasar diluar kios/lapak resmi (2 titik) yaitu arah utara dan timur. Dan di samping timur kantor lurah pasar (1 titik). Serta di sebelah barat jalan (1 titik).

7. *Jumlah pengusaha yang membuat surat pernyataan :* tidak ada.

*Catatan :*
-Dalam menjalankan tugas Petugas berkoordinasi dengan Lurah Pasar Demangan (Bp. Jawadi).
– bahwa hasil Rapid test terhadap Sample pedagang di Pasar Demangan semuanya dengan hasil Negatif (tidak ada yang terkena covid 19).
– Petugas 4 kali mengelilingi pasar Demangan untuk mengecek kepatuhan masyarakat baik pedagang maupun pengunjung terkait pemakaian masker.
– petugas dibagi menjadi 3 titik jaga yaitu sisi timur atau pintu belakang, pintu depan-selatan atau pintu utama dan di sisi utara pasar.
– petugas Pendisiplinan Masyarakat melakukan himbauan melalui pengeras suara Pasar, yaitu terkait usaha pemutusan mata rantai Covid19 dg kebiasaan yang harus diterapkan masyarakat yaitu PHBS, cuci tangan, pakai masker dan physical distancing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *